Rekomendasi Nasi Goreng dan Babat Iso Gongso di Banyumanik Semarang

 Oleh Buyung Okita 

Nasi Goreng Babat Iso PeteJoss Banyumanik Semarang (dokpri)

 

Nasi Goreng, siapa yang tidak suka dengan kuliner satu ini ? Kuliner dengan varian yang 'mana suka ini' hampir pasti digemari oleh kita semua. Entah itu nasi goreng babat. nasi goreng ayam, nasi goreng kambing maupun seafood dan beraneka varian lainnya. Tetapi jika kita sedang di Kota Semarang pasti nasi goreng yang khas yaitu Nasi Goreng Babat Iso. Kemudian Jika ada yang lebih menyukai nasi putih panas dengan toping olahan masakan yang gurih pasti kenal dengan Babat Iso Gongso khas Semarang satu ini.

Jika teman-teman seang berada di Semarang Bawah, istilah yang sering disebut orang Semarang merujuk daerah Pusat Kota Semarang di sekitar Tugu Muda dan Simpang Lima pasti akan banyak ditemui warung Nasi Goreng yang nikmat. Tetapi jika kita sedang berada di Semarang Atas, daerah Banyumanik dan sekitar Universitas Diponegoro apakah kita harus melegakan waktu jauh-jauh sampai ke Semarang Bawah hanya untuk seporsi Nasi Goreng atu Babat Gongso ? Tentunya tidak perlu jauh-jauh ada lho satu kedai Nasi Goreng yang Jos di Sekitar Semarang Atas.

PETEJOSS, iya namanya Pete Joss, kedai Nasi Goreng Satu ini awal nya hanya menyajikan Nasi Goreng dan Gongso saja. Tetapi saat ini kita dapat mencicipi aneka kliner malam seperti Mie dan Capjay disini. Tapi yang paling spesial dan recomended nih, ya pasti Nasi Goreng Babat Iso dan Babat Iso Gongsonya.

Kenapa Nasi Goreng Babat Iso disini begitu recomended untuk diicipi ? Nasi Goreng Babat Iso di PeteJoss diracik dengan resep rahasia keluarga sejak 1960an. Dengan Bumbu bawang yang legit dan kecap rempah tradisional khas semarang yang kaya rasa, dibumbui dengan resep rahasia gurih dari olahan garam dan ebi-teri bercampur menjadi satu dengan ekstra Lemak Babat Iso bersama dengan nasi yang dimasak khusus sehingga menghasilan nasi dengan tekstur yan tidak lembek namunjga tidak begitu keras. Menghasilkan rasa yan kaya, gurih dan memuaskan di mulut. Apalagi Babat Isonya yang kental dan kaya rasa menjadi sajian yang nikmat jika disatukan dengan nasi putih hangat. Bagi pecinta pete juga dapat memesan dengan pete sehinga rasanya makin joss dan bikin kemronyos.

Jadi tidak perlu jauh-jauh sampai ke Semarang Bawah dan ikut antri berlama-lama hanya untuk menikmati seporsi Nasi Goreng Babat Iso ataupun Babt Iso Gongso. Dengan harga mulai 13 hingga 16 ribuan, teman teman pecinta kuliner malam bisa menikmati aneka Nasi Goreng, Gongso, Mie, Capjay di sini. Bagi yang tidak menyukai atau tidak bisa mengkonsumsi Jeroan, bisa kok memesan nasi goreng ayam & telur atau gongso ayam & telur.

Berlokasi di Jl Kruing Raya Srondol Wetan Banyumanik, lokasi warung ini mudah ditemukan meskipun tempatnya sederhana. Tidak hanya rasanya yang Joss, eseme bakule (senyumnya yang jual) juga Joss. Yuk Kulineran di Semarang, dietnya besok aja.