Mahulauw: Bantuan Untuk Desa Terdampak Cuaca Ekstrim Telah Disalurkan

AMBON - BERITA MALUKU. Pemerintah Daerah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana di dua desa, yaitu Waiteba, dan Waisili, Kecamatan Waesama. 


Hal ini diutarakan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buru Selatan, Awd Mahulauw dikonfirmasi, Kamis (09/09/2021). 


Dikatakan, bantuan diberikan berupa paket sembako. Namun dirinya tidak mengetahui secara pasti berapa banyak bantuan yang telah disalurkan untuk masyarakat di kedua desa dimnaksud. 


"Bantuan sembako berupa beras 10 kg dan lain sebagainya, untuk jumlahnya saya tidak mengetahui pasti, nanti akan dikoordinsaikan kembali dengan dinas sosial," ucapnya. 


Untuk kerusakan rumah, ungkap Mahulauw belum bisa dipastikan, karena harus didata, namun untuk data sementara sebanyak 28 rumah, terdiri dari 25 rumah di Desa Waisili akibat abrasi, dan 5 rumah. 


Ia mengakui, untuk masyarakat yang rumahnya rusak sampai saat ini masih mengungsi di rumah keluarga maupun tetangga. 


"Masyarakat yang rumahnya rusak, sementara ini lagi mengungsi di rumah keluarga maupun tetangga yang masih aman," cetusnya. 


Menyadari cuaca masih ekstrem, dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk untuk selalu beriktiar, dan waspada terhadap cuaca ekstrim yang sewaktu-waktu bisa berubah menjadi hal yang tidak diinginkan. 


"Dalam situsi saat ini diharapkan kepada semua masyarakat untuk jangan dulu beraktifitas di lautan maupun daratan, karena cuaca ekstrem sewaktu-waktu dia datang tanpa diduga," pintanya.