Waspada! Ini 21 Gejala Covid bagi Orang yang Sudah Divaksin Dosis Kedua

Waspada! Ini 21 Gejala Covid bagi Orang yang Sudah Divaksin Dosis Kedua
Seorang anak didampingi saat menerima vaksin COVID-19 Sinovac di Sentra Vaksinasi COVID-19 khusus anak di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (24/7/2021). Foto: kumparan
 
Para peneliti telah memperingatkan bahwa mereka yang telah menerima vaksin COVID-19 dosis kedua dan terinfeksi corona masih berpotensi mengalami sejumlah gejala. Mereka mengatakan setidaknya ada 21 gejala yang harus diwaspadai.
 
Baru-baru ini, para ilmuwan mengingatkan orang-orang untuk tetap waspada meski sudah divaksin COVID-19 dosis kedua karena mereka masih berpotensi mengalami gejala ketika terinfeksi corona.
Menurut Office for National Statistics, kendati persentase orang yang dites positif di Inggris telah menurun, namun lebih dari 200 wilayah otoritas lokal mengalami lonjakan kasus dalam seminggu terakhir.
Faktanya, berdasarkan laporan aplikasi ZOE COVID-19 Symptom Study menunjukkan adanya tanda dan gejala yang masih bisa dialami oleh orang yang sudah disuntik vaksin dosis kedua. Pengguna melaporkan gejala yang mereka alami ke dalam aplikasi tersebut, sehingga para ilmuwan bisa menentukan gejala apa yang paling umum mereka alami.
 
Peneliti mengatakan sebagian besar gejala yang pasien alami tidak tercantum dalam daftar resmi NHS Covid. Adapun daftar gejala resmi yang tertuang dalam NHS England meliputi demam, batuk, kehilangan indra perasa dan penciuman.
 
Lalu, apa saja 21 gejala corona yang mesti diwaspadai oleh orang yang sudah divaksin dosis kedua? Berikut daftarnya.
  1. Suhu tinggi
  2. Menggigil
  3. Batuk terus menerus
  4. Kehilangan atau perubahan bau
  5. Kehilangan atau perubahan selera
  6. Kelelahan yang tak biasa
  7. Sakit kepala
  8. Sakit tenggorokan
  9. Kebingungan
  10. Ruam kulit
  11. Perubahan pada mulut atau lidah
  12. Jari tangan atau kaki merah dan sakit
  13. Sesak napas
  14. Nyeri dada
  15. Nyeri otot
  16. Suara serak
  17. Diare
  18. Hilang selera makan
  19. Sakit perut
  20. Pilek
  21. Bersin