Pemda Maluku Respon Pernyataan Bupati Malra


AMBON - BERITA MALUKU.
Pemerintah Daerah Provinsi Maluku menanggapi pernyataan dari Bupati Maluku Tenggara (Malra), M. Thaher Hanubun yang meminta dukungan Gubernur Maluku, Murad Ismail untuk pengembangan industri rumput laut.


Permintaan dukungan dari Bupati Malra disampaikan menyusul ditetapkan bumi larvul ngabal ini sebagai Kampung Rumput Laut atau Seaweed Estate lewat program Kementerian Koordinasi Bidang kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), direspon pemerintah daerah (Pemda) Maluku.

Menurut Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Maluku, Abdul Haris Pemda Maluku tetap akan memberikan dukungan untuk pengembangan industri rumput laut.

"Pemerintah Provinsi pasti memberikan dukungan penuh terhadap hal ini," ujar Abdul dikonfirmasi, Selasa (31/08/2021).

Menurutnya, dukungan ini diberikan dikarenakan pengembangan industri rumput laut merupakan salah satu bagian dari Lumbung Ikan Nasiona (LIN). 

"LIN tidak semata-mata hanya dari sisi produksi perikanan tangkap saja, tapi juga dari perikanan budidaya, salah satunya komoditas rumput laut," cetusnya.

Prinsipnya, ungkap Abdul Pemda Maluku akan selalu memberikan dukungan bagi daerah untuk pengembangan industri perikanan di Maluku, bukan hanya Maluku Tenggara, tetapi 10 kabupaten/kota lainnya.