Positif Covid-19, Sekda Maluku Jalani Isolasi di RSUD Haulussy


AMBON - BERITA MALUKU.
Dari hasil swab PCR, Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang dinyatakan posotif Covid-19.


"Sekda saat ini menjalani isolasi di RSUD dr. M. Haulussy," ungkap juru bicara satuan tugas penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung dikonfirmasi via-telepone, Kamis (01/07/2021).


Untuk itu, menurutnya Dinas Kesehatan sementara melakukan tracing terhadap orang-orang yang selama ini berhubungan langsung dengan beliau.


"Pasti di tracing oleh Dinas Kesehatan setiap ada yang positif pasti dikejar," cetusnya. 


Disinggung Sekda yang telah divaksin namun dinyatakan positif Covid-19, menurutnya Vaksin bukan merupakan satu-satunya pencegahan Covid-19. Dikarenakan kemampuan vaksin tidak sampai 100 persen. 


Namun semua berpulang dari seseorang yang telah divaksin, dimana ada yang antobodinya terbentuk cepat, ada juga lambat. 


Yang terjadi kepada Sekda, bisa saja karena antibodinya rendah, lambat terproduksi dengan baik, apalagi beliau mudah lelah karena aktifitas padat, sehingga mempengaruhi antibodi.


"Antibodi tinggi rendahnya masing-masing punya daya kemampuan tubuh, yang terjadi kepada pak Sekda dalam kondisi sangat kelelahan dengan tanggungjawab yang ada, tugasnya luar biasa kelelahan itulah yang membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga mudah terpapar," tuturnya.


"Tidak berarti kalau sudah divaksin (itu) bebas dari Covid, diterjemahkan disitu ketika sudah divaksin sudah terbentuk antibody diharapkan ketika terpapar Covid tidak berat lagi," ditambahkan Rerung.


Ditanya terpaparnya Covid-19 karena varian Delta, dirinya belum bisa memastikannya. 


"Yang jelas begini, varian delta bisa saja masuk ke Ambon, orang kan lalu lalang dari daerah lain, hanya sampai sekarang belum ada bukti bahwa varian delta di Kota Ambon. Kenapa ? karena belum ada pengiriman sampel untuk membuktikan itu. Jadi tidak bisa kita katakan sudah karena belum ada bukti laboratorium sama sekali," pungkasnya