AMGPM Babar MBD Gelar Pelatihan Kader Pemuda Gereja


TEPA - BERITA MALUKU.
Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Daerah Babar menggelar pelatihan bagi kader Pemuda Gereja. Kegiatan dilangsungkan di Pulau Wetang, pusat ibu Kota Kecamatan Pulau Wetang, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), tepatnya di Gedung Gereja Jemaat Rumalewang Besar.


Ketua AMGPM Daerah Babar, Pdt. Matalsea Tamaela,S.Si mengatakan, lantaran situasi pandemi covid 19, maka kegiatan ini tak difokuskan di satu lokasi melainkan pada dua lokasi berbeda, yakni di pulau Babar dan di Kecamatan Pulau Wetang, tepatnya Di Jemaat Rumalewang Besar.


“Peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 50 orang atau 25% dari kapasitas kursi pada ruang ibadah. Tentunya kegiatan ini dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan, serta menggunakan masker. Sebelumnya, untuk mengikuti kegiatan ini, para peserta sebelumnya diperiksa kesehatannya oleh pihak medis,” ujar rohaniwan ini, yang sebagaimana laporan yang diterima media ini, Senin (26/7/2021) .


Matalsea menjelaskan, materi pelatihan untuk kader pemuda gereja yang dilaksanakan selama tiga hari mulai Kamis 22 Juli 2021 hingga berakhir 25 Juli 2021 itu, dibuat dalam dua bagian: Pertama, pelatihan sinfoku, dimana ini bertujuan agar ada penyetaraan database AMGPM pada enam cabang dan 20 ranting yang terintegrasi dalam sistem IT sehingga muda diakses dengan internet. Dan untuk kedua, adalah pelatihan Pendidikan Kader Jenjang Dasar, dimana ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anggota AMGPM tentang sistem berorganisasi terutama bagi pengurus AMGPM.di setiap jenjang. Dan, yang  menjadi fasilitator adalah pengurus besar AMGPM yakni ketua bidang satu, Bung Rudi Tupan.


Pantauan media ini terlihat para pemuda sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.


Salah satu anggota AMGPM, Yosep Helwend mengungungkapkan pelaksanaan kegiatan tersebut, diapresiasi dengan baik sebab bisa membuka pengetahuan sebagai pemuda gereja dalam konteks saat ini.


Pemuda yang disapa bung Zeth ini mengaku berterima kasih kepada Pengurus AMGPM Daerah Babar yang sudah menggagas kegiatan dimaksud karena dapat membuka wawasan.


Zeth mengaku sebagai pemuda ia telah dibekali dengan ilmu tentang pengelolaan dan cara berorganisasi, sembari juga berterima kasih kepada Pengurus Besar AMGPM dalam hal ini Bung Rudy Tupan – yang  walau dalam kondisi pandemi saat ini akan tetapi mau bersedia datang jauh jauh – jauh dari Kota Ambon, pusat ibukota Provinsi Maluku ke Babar, Kabupaten MBD untuk membimbing para pemuda AMGPM di wilayah terluar yang berbatasan dengan Australia dan Timor Leste itu. (eky)