Longsor, Rumah Milik Soulissa Ambruk Ke Jurang, Dua Orang Luka


AMBON - BERITA MALUKU.
Hujan deras yang mengguyur Kota Ambon, Provinsi Maluku, menyebabkan tanah longsor di kawasan Kebun Cengkih RT/RW: 04/009 Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Minggu (20/06/2021) tengah malam. 


Tanah longsor ini menyebabkan satu rumah yang berada di pinggir terperosok ke jurang, mengakibatkan dua orang, pemilik rumah Briptu Rifki Fauzi Soulisa (25), dan seorang kerabatnya, Akbar Eli mengalami luka-luka serius akibat tertimbun reruntuhan bangunan rumah, kemudian dilarikan di RS Bhayangkara Ambon.


Briptu Rifki Fauzi alami patah tulang pada lengan kirinya disamping alami luka-luka pada bagian kaki dan perut, dan telah diperbolehlam pulang, sedangkan kerabatnya sementara masih menjalani perawatan di RS.


Briptu Rifki Fauzi Kepada wartawan, menceritakan sebelum kejadian, ia sementara bersantai sambil merokok di lantai dua rumah dekat kamar mandi. 


Sekitar pukul 23:45 WIT Minggu tengah malam ketika hujan mulai berhenti, tiba-tiba terdengar suara sambaran petir dan seketika bangunan rumahnya ambruk. 


Naasnya, karena kejadian yang terjadi itu sangat cepat, dia dan kerabatnya tak sempat menyelamatkan diri keluar rumah sehingga ambruk bersama bangunan rumah ke jurang. 


"Tiba-tiba guntur (suara sambaran petir) langsung satu kali talapas (ambruk) itu," ceritanya. 


Korban mengaku dia tertimbun dinding beton dan juga lemari, namun masih sadarkan diri. 


Selang beberapa menit, keluarga dan warga sekitar menolong mereka dan dilarikan ke RS. Bhayangkara untuk diberi pertolongan medis. 


Ibu korban, Ica Soulisa menambahkan korban dievakuasi oleh suaminya, Haris Soulisa dibantu warga. "Akbar masih dirawat, masih diinfus di RS. Bhayangkara Ambon," ungkapnya.


Kerugian materil yang dialami ditaksir mencapai ratusan juta. Apalagi bangunan rumah porak-poranda karena ambruk ke jurang. 


Kepala BPBD Kota Ambon, Demy Paays dikonfirmasi mengenai hal ini, mengungkapkan bantuan tanggap darurat berupa terpal telah diberikan kepada keluarga korban. 


Diungkapkan, selain di Kebun Cengkih, longsor juga terjadi di kawasan Nania, Kecamatan Teluk Ambon dan Dusun Tuni, Kecamatan Nusaniwe.


Hanya saja, peristiwa alam itu tidak sampai merusak rumah warga. Bantuan tanggap darurat juga telah diberikan.