Diagendakan, Menteri KKP Dan Kepala Bappenas Berkunjung di Maluku


AMBON - BERITA MALUKU.
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Sakti Wahyu Trenggono dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa dijadwalkan berkunjung ke Maluku, Kamis (17/06/2021). 


Ada tiga daerah tujuan dari Kunjungan Menteri KKP dan Kepala Bappenas, yaitu Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku Tengah dan Kota Tual. 


Berdasarkan rundown yang diperoleh media ini, Menteri KKP dengan menggunakan pesawat khusus dari Bandara Halim Perdana Kusuma, tiba di Bandara Mathilda Batlayeri, Saumalaki KKT pukul 09.40 WIT, langsung melakukan peninjauan lapangan ke perikananan tangkap. 


Pukul 11.10 WIT, Menteri bersama rombongan dengan menggunakan pesawat khusus menuju Kota Tual untuk meninjau perikanan tangkap. Selanjutnya pukul 14.45 WIT Menteri bersama rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Ambon untuk meninjau Pelabuhan terintegrasi New Prot A, B dan C di perbatasan negeri Waai-Liang, Pulau Ambon, Kecamatan Saluhutu, Kabupaten Maluku Tengah, dengan menggunakan KM Siwalima dari laut ke darat. 


Seusai meninjau pelabuhan terintegrasi, pukul 16.50 WIT, Menteri bersama rombongan dengan berkendaraan mobil menuju Bandara Internasional Pattimura Ambon, untuk melanjutkan perjalanan menuju Gorontalo. 


Berbeda dengan Menteri KKP, kunjungan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Maluku selama dua hari dari tanggal 17-18 Juni. 


Kamis 17 Juni, dari bali Kepala Bappenas beserta ibu dan rombongan tiba di Bandara Mathilda Batlayeri, Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) pukul 11.45 WIT, langsung meninjau pelabuhan laut saumlaki dan Sentra Kelautan & Perikanan Terpadu. 


Setelah itu, pukul 12.30 WIT Kepala Bappenda menggunakan pesawat Ambon, kemudian melanjutkan perjalanan ke Kecamatan, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah untuk meninjau pelabuhan terintegrasi New Prot A Waai-Liang, kemudian menggunakan KM Siwalima meninjau pelabuhan terintegrasi New Prot B & C dari Laut ke darat. 


Usia meninjau, pukul 16.50 WIT Kepala Babppenda berkendaraan mobil menuju Bandara Internasional Pattimura Ambon, untuk melanjutkan perjalanan ke Kota Tual. 


"Kepala Bappenas akan nginap semalam di Tual, untuk acaranya diatur oleh pemerintah kota disana," ucap Sumber. 


"Untuk perjalanan selanjutnya dari Tual ke Bali masih tentative," tambahnya.