32 Paket Disiapkan DKP Maluku Untuk Pengembangan Budidaya Rumput Laut

Ilustrasi


AMBON - BERITA MALUKU.
Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku menyiapkan bantuan budidaya rumput laut untuk 32 kelompok di enam daerah, yaitu Kabupaten Kepulauan Tanimbar 6 paket, Kabupaten Maluku Barat Daya 9 paket, Maluku Tenggara 7 paket, Kabupaten Kepulauan Aru 5 paket, Kaupaten Seram Bagian Barat 2 paket, Kabupaten Seram Bagian Timur 2 paket. 


"Jadi satu paket Rp60 juta, berupa bantuan tali, pelampung, dan benih untuk satu kelompok yang terdiri dari 10 orang," ujar Kepala Bidang Perikanan Budidaya P2HP, Karolis W Iwamony kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (16/06/2021). 


Menurutnya, bantuan ini sementara dalam proses pengadaan, dan rencanannya akan disalurkan september mendatang kepada masing-masing penerima bantuan. 


Untuk itu, ia mengiginkan lewat bantuan ini nantinya masing-masing kelompok dapat mengembangkan lagi benih yang diberikan. 


"Jadi pada panen pertama tidak langsung dijual, tetapi perbanyak lagi benih, dikarenakan benih yang diberikan memiliki kualitas tinggi, sehingga selain untuk menambah benihnya untuk kelompoknya sendiri, tetapi juga bisa dibagikan untuk kelompok pembudidaya lainnya, karena benihnya susah," pintanya. 


Prinsipnya, Iwamony berharap lewat bantuan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pembudidaya rumput laut dan meningkatkan produksi rumput laut.